SOAL-SOAL
LATIHAN
A.
Pilihlah
salah satu jawaban yang tepat!
1.
Bacalah
kerangka karya tulis yang sesuai dengan aturan penulisan adalah ...
1.
Daftar
pustaka 5. Halaman judul
2.
Penutup 6. pengantar
3.
Daftar
isi 7. pendahuluan
4.
Pembahasan
Sistematika
kerangka karya tulis yang sesuai dengan aturan penulisan adalah ...
a.
3-6-4-7-5-2-1
b.
3-6-7-5-4-2-1
c.
5-3-6-7-4-2-1
d.
5-6-3-7-4-2-1
e.
5-6-3-4-7-2-1
2.
Bacalah
kerangka karya tulis berikut dengan seksama!
(1)
Keuntungan
terhemat: menghemat biaya, pemerataan pemakaian, membantu penyediaan listrik
(2)
Alasan
menghemat energi: energi listrik banyak yang memerlukan, pertimbangan biaya
(3)
Fungsi
energi: sebagai penerangan, untukkepentingan rumah tangga, menunjang
transportasi
Susunan
kerangka karangan yang tepat adalah ...
a.
2-3-1
b.
3-2-1
c.
3-1-2
d.
2-1-3
e.
1-2-3
3.
Penulisan
judul karya tulis yang sesuai dengan EYD adalah ...
a.
Penggunaan
Teknik Rekonstruksi Cerita Film Melalui Media VCD Dalam Pembelajaran
Menulis Cerpen
b.
Penggunaan
teknik rekonstruksi cerita film melalui media vcd dalam pembelajaran menulis
cerpen
c.
Penggunaan
Teknik Rekonstruksi Cerita Film melalui Media VCD dalam Pembelajaran Menulis
Cerpen
d.
Penggunaan
Teknik Rekonstruksi Cerita Film Melalui VCD Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen
e.
Penggunaan
Teknik Rekonstruksi Cerita Film Melalui Media VCD dalam Pembelajaran Menulis
Cerpen
4.
Bacalah
data buku berikut dengan seksama!
Judul
buku : Intisari
tata bahasa indonesia
Pengarang :
Abdullah Ambary
Tahun
terbit : 1982
Tempat/penerbit :
Bandung/Djatnika
Penulisan
daftar pustaka yang teat adalah ...
a.
Ambary,
Abdullah. 1982. Intisari Tata Bahasa
Indonesia. Bnadung: PT Djatnika.
b.
Abdullah,
Ambari. Intisari Tata Bahasa Indonesia. 1982. PT Djatnika: Bandung.
c.
Ambary,
Abdullah. Bandung. 1982. Intisari Tata Bahasa indonesia: PT
Djatnika.
d.
Abdullah,
Ambary. Intisari tata bahasa indonesia. 1982. PT Djatnika: Bandung.
e.
Ambary,
Abdullah. Bandung: PT Djatnika. Intisari
tata bahasa indonesia. 1982.
5.
Bacalah
teks berikut dengan seksama!
Penelitian yang sudah saya lakukan, dapat
dikatakan bahwakualitas anak-anak sebagai pemilik masa depan sangat dipengaruhi
oleh kesiapan fisik, mental, sosial maupun intelektual
generasi yang saat ini masih dalam fase kanak-kanak.
Dalam
karya tulis, uraian tersebut merupakan bagian ...
a.
Landasan
teori
b.
Tujuan
penulisan
c.
Latar
belakang
d.
Simpulan
e.
Pendahuluan
6.
Bacalah
paragrafh berikut dengan saksama!
Dalam upaya mengoptimalkan kesiagaan dan
kesigapan parat keamanan langsung (Pamsung) Pemilu di Jabar, sekitar 100
anggota pengendali masyarakat (Dalmas) Polda Jabar dilatih di sekolah Polisi Negara (SPN) Cisarua, Lembang.
Pokok
persoalan yang dikemukakan dalam pernyataan diatas adalah ...
a.
Optimalisasi
kegiatan dan kesiagaan Pamsung
b.
Upaya
aparat Pamsung dalam persiapan Pemilu di Jabar
c.
Keberadaan
lembaga pelatihan anggota Dalmas
d.
Pelatihan
anggota Dalmas
e.
Jumlah
anggota
7.
Kalimat
komentar yang santun adalah ...
a.
Setelah
saya amati, ternyata, minat baca SMA yang Bapak pimpin cukup bagus.
b.
Pertunjukan
drama yang dimainkan oleh siswa SMA Bunga Bangsa membosankan
c.
Pada
saat ini kami ingin berterus terang kalau kamu satu-satunya siswa yang malas
d.
Kalau
hanya membuat lukisan seperti itu saya juga bisa, apa sih susahnya!
e.
Tulisanmu
yang dimuat di kompas hari sabtu lalu
sungguh tidak menarik.
8.
Kalimat
kritikan yang membangun terdapat pada ...
a.
Sebagai
seorang siswa teladan, kamu harus selalu tampil rapi jangan berantakan begitu!
b.
Penampilan
kamu ketika menjadi pembawa acara sangat buruk, jangan diulangi lagi!
c.
Bukannya
saya cerewet, tetapi memang kamu tidak pantas menjadi tokoh Yuliet.
d.
Penampilanmu
pada pentas drama tadi kurang bagus, tetapi saya yakin kamu bisa maju.
e.
Jangan
pernah kamu berharap bisa menjadi juara kalau latihan saja malas.
9.
Bcalah
paragraf berikut dengan saksam
“Pak, kami sangat resah karena kali di
belakang rumah sangat dangkal. Hitam, dan berbau. Kami minta kali itudikeruk
sampahnya,” kata mariana, warga bantaran Kali Ciliwung di Koja Jakarta Utara,
kepada Menteri Negara Lingkungan hidup, Rachmat Witoelar.
Pokok
masalah paragraf diatas adalah ...
a.
Hidup
di Jakarta serba susah dan sangat menjengkelkan.
b.
Keluhan
warga bantaran Kali Ciliwung kepada Menteri
Lingkungan Hidup.
c.
Mariana
mengadu kepada Rachmat Witoelar karena rumahnya banjir
d.
Mariana
resah karena rumahnya berada dibantaran Kali Ciliwung
e.
Keluhan
Mariana tentang kali Ciliwung kepada Rachmat Witular
10. Kalimat tanggapan yang tepat
adalah ...
a.
Besok
pagi, ayah akan berangkat ke Surabaya naik pesawat Garuda
b.
Adikku
sedang mengerjakan PR Bahasa Indonesia dengan tekun
c.
Seharusnya,
polisi tidak bertindak brutal terhadap demonstran
d.
Gempa
berkekuatan besar telah memporakporandakan Yogyakarta
e.
Akibat
lemparan batu, anak kecil itu mendapat luka serius di kepalanya
11. Bacalah paragraf berikut dengan
saksama!
Panggung menggambarkan sebuah ruang
yang luas, tidak ada perlengkapan apa-apa. Kekosongan ruang itu menampilkan
suatu situasi : ngannga yang menentang, nganga yang mencemooh, bahkan nganga
yang menuntut suatu nilai yang bakal di berikan oleh para pemain nantinya.
Paragraf
di atas merupakan bagian dari ...
a.
Prolog
b.
Monolog
c.
Dialog
d.
Petunjuk
pemain
e.
Tema
12. Pihak yang berhak untuk
menentukan bagaimana wajah/bentuk panggung adalah ...
a.
Pemain
b.
Produser
c.
Penonton
d.
Sutradara
e.
Penulis
naskah
Kutipan
dramaberikut untuk soal nomor 13-16 bacalah dengan saksama!
Hakim : Silahkan duduk.
Tamu
1 : Tidak usah repot-repot
Pelayan : Wah, takut jasnya lecet.
Tamu
1 : ini sesuai dengan misiku yang bersifat resmi dan serius. Atas nama seratus
ribu orang pembaca sinar senja. Dengarkan aku Pak.
Hakim : sudah tentu, memang kewajibanku,
Tamu
1 : dan kewajibanku, menyampaikan demikian rupa tepatnya sehingga ia mampu
mendesak yang menurut ukuran
normal sudah tidak mungkin diubah.
Hakim : walaupun kau belum mengetahui isi keputusan
itu?
(dikutip dari drama DOR putu wijaya)
13. Berdasarkan kutipan drama diatas,
watak tokoh Tamu 1 adalah ...
a.
Pemalu
b.
Pendiam
c.
Lugas
d.
Pemarah
e.
Pengecut
14. Isi kutipan drama diatas adalah
...
a.
Pertengkaran
antara Pelayan dengan tamunya Hakim
b.
Pertengkaran
antara Pelayan dengan Pak Hakim
c.
Pertengkaran
antara Hakim dengan tamu-tamunya
d.
Usaha
tamu 1 menemui Hakim untuk mengadili seseorang
e.
Usaha
Tamu 1 menemui Hakim untuk membicarakan putusan
15. Berdasarkan dialog kutipan drama
diatas adalah ...
a.
Pelajar
b.
Dosen
c.
Redaktur
koran
d.
Pejabat
e.
Polisi
16. Tema drama diatas adalah tentang
...
a.
Kejahatan
b.
Keadilan
c.
Hukum
d.
Peradilan
e.
Putusan
Kutipan drama
berikut untuk soal nomor 17 dan 18. Bacalah dengan saksama!
Kakak
: bagaimana ayah?
Ayah : terlalu parah
ibu : sudahlah, kita bicarakan
besok saja, sekarang sudah larut, kita istirahat, supaya
pikiran jernih (Ibu berkata
dengan nada lembut. Ayah berjalan kembali kesamping
ibu, membereskan mapnya dan
bersama ibu masuk kekamar)
adik : aku tidak pernah membayangkan
ini terjadi. Gila! Dalam seminggu runtuh!
apa yang salah? (adik
menunjukan tangan ke bantal sofa, matanya berkaca-kaca)
Kakak
: sudahlah, kita tidur dulu. Benar kata ibu, kita harus beristirahat supaya
pikiran jernih
adik : kakak bisa istirahat? Diluar
sana, seratus keluarga mengharapkan pertolongan kita.
ini bukan masalah kita,
semata, kak! (kakak tidak berkomentar, wajahnya menunju
kan bahwa ia menyesal dan
mengerti perasaan adiknya)
kakak : ini awal yang berat, tahun 3006 yang berat
17. Unsur drama yang paling menonjol
adalah ...
a.
Tema
b.
Latar
c.
Konflik
d.
Amanat
e.
Penokohan
18. Watak tokoh Kakak adalah ...
a.
Pemarah
b.
Penyabar
c.
Keras
kepala
d.
Pemalu
e.
Emosional
19. Watak tokoh Ibu adalah ...
a.
Pemarah
b.
Penyabar
c.
Keras
kepala
d.
Pemalu
e.
Emosional
20. Konflik yang terjadi dalam
cuplikan drama tersebut adalah tentang ...
a.
Permasalhan
keluarga
b.
Permasalahan
perusahaan
c.
Permasalahan
sekolah
d.
Permasalahan
pribadi antar sekolah
e.
Permasalahan
pekrjaan
B.
Lakukan
kegiatan berikut sesuai dengan perintah!
1.
Hadirilah
sebuah acara seminar atau diskusi. Saat diadakan sesi tanya-jawab, cobalah
untuk bertanya atau memberikan komentar terhadap apa yang telah disanmpaikan
oleh pembicara!
2.
Carilah
sebuah laporan penelitin yang dilakukan oleh orang lain. Pahamilah hasil
laporan penelitian itu dengan saksama.
Lau, persentasikanlah hasil laporan penelitian tersebut didepan kelas secara
runtut! Teman-teman akan menanggapi cara anda mempersentasikan laporan
penelitian tersebut!
3.
Bacalah
satu naskah drama, kemudian kerjakanlah hal0hal berikut.
a.
Tentukan
siapa saja tokohnya dan bagaimana wataknya!
b.
Jelaskan
konflik yang terjadi di dalam drama tersebut!
c.
Tentukan
latar ceritanya!
d.
Tentukan
tema ceritanya!
4.
Tontonlah
sebuah pertunjukan drama, kemudian kerjakan hal-hal berikut.
a.
Jelaskan
bagaimana watak tokoh-tokohnya!
b.
Diantara
tokoh tersebut, manakah yang paling
kalian sukai? Jelaskan !
0 komentar: