Selasa, 15 Januari 2013

soal latihan kls XI semester ganjil

SOAL-SOAL LATIHAN
A.     Pilihlah salah satu jawaban yang tepat!
1.      Bacalah kerangka karya tulis yang sesuai dengan aturan penulisan adalah ...
1.      Daftar pustaka     5. Halaman judul
2.      Penutup                6. pengantar
3.      Daftar isi              7. pendahuluan
4.      Pembahasan
Sistematika kerangka karya tulis yang sesuai dengan aturan penulisan adalah ...
a.       3-6-4-7-5-2-1
b.      3-6-7-5-4-2-1
c.       5-3-6-7-4-2-1
d.      5-6-3-7-4-2-1
e.       5-6-3-4-7-2-1
2.      Bacalah kerangka karya tulis berikut dengan seksama!
(1)   Keuntungan terhemat: menghemat biaya, pemerataan pemakaian, membantu penyediaan listrik
(2)   Alasan menghemat energi: energi listrik banyak yang memerlukan, pertimbangan biaya
(3)   Fungsi energi: sebagai penerangan, untukkepentingan rumah tangga, menunjang transportasi
Susunan kerangka karangan yang tepat adalah ...
a.       2-3-1
b.      3-2-1
c.       3-1-2
d.      2-1-3
e.       1-2-3
3.      Penulisan judul karya tulis yang sesuai dengan EYD adalah ...
a.       Penggunaan Teknik Rekonstruksi Cerita Film Melalui Media VCD Dalam Pembelajaran
Menulis Cerpen
b.      Penggunaan teknik rekonstruksi cerita film melalui media vcd dalam pembelajaran menulis cerpen
c.       Penggunaan Teknik Rekonstruksi Cerita Film melalui Media VCD dalam Pembelajaran Menulis Cerpen
d.      Penggunaan Teknik Rekonstruksi Cerita Film Melalui VCD Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen
e.       Penggunaan Teknik Rekonstruksi Cerita Film Melalui Media VCD dalam Pembelajaran Menulis Cerpen
4.      Bacalah data buku berikut dengan seksama!
Judul buku            :    Intisari tata bahasa indonesia
Pengarang             :   Abdullah Ambary
Tahun terbit          :   1982
Tempat/penerbit   :   Bandung/Djatnika
Penulisan daftar pustaka yang teat adalah ...
a.       Ambary, Abdullah. 1982. Intisari Tata Bahasa Indonesia. Bnadung: PT Djatnika.
b.      Abdullah, Ambari. Intisari Tata Bahasa Indonesia.   1982. PT Djatnika: Bandung.
c.       Ambary, Abdullah. Bandung.  1982. Intisari Tata Bahasa indonesia: PT Djatnika.
d.      Abdullah, Ambary. Intisari tata bahasa indonesia.   1982. PT Djatnika: Bandung.  
e.       Ambary, Abdullah. Bandung: PT Djatnika. Intisari tata bahasa indonesia. 1982.
5.      Bacalah teks berikut dengan seksama!
    Penelitian yang sudah saya lakukan, dapat dikatakan bahwakualitas anak-anak sebagai pemilik masa depan sangat dipengaruhi oleh kesiapan fisik, mental, sosial maupun intelektual
generasi yang saat ini masih dalam fase kanak-kanak.
Dalam karya tulis, uraian tersebut merupakan bagian ...
a.       Landasan teori
b.      Tujuan penulisan
c.       Latar belakang
d.      Simpulan
e.       Pendahuluan
6.      Bacalah paragrafh berikut dengan saksama!
    Dalam upaya mengoptimalkan kesiagaan dan kesigapan parat keamanan langsung (Pamsung) Pemilu di Jabar, sekitar 100 anggota pengendali masyarakat (Dalmas) Polda Jabar dilatih di sekolah  Polisi Negara (SPN) Cisarua, Lembang.

Pokok persoalan yang dikemukakan dalam pernyataan diatas adalah ...
a.       Optimalisasi kegiatan dan kesiagaan Pamsung
b.      Upaya aparat Pamsung dalam persiapan Pemilu di Jabar
c.       Keberadaan lembaga pelatihan anggota Dalmas
d.      Pelatihan anggota Dalmas
e.       Jumlah anggota
7.      Kalimat komentar yang santun adalah ...
a.       Setelah saya amati, ternyata, minat baca SMA yang Bapak pimpin cukup bagus.
b.      Pertunjukan drama yang dimainkan oleh siswa SMA Bunga Bangsa membosankan
c.       Pada saat ini kami ingin berterus terang kalau kamu satu-satunya siswa yang malas
d.      Kalau hanya membuat lukisan seperti itu saya juga bisa, apa sih susahnya!
e.       Tulisanmu yang dimuat di kompas hari sabtu lalu sungguh tidak menarik.
8.      Kalimat kritikan yang membangun terdapat pada ...
a.       Sebagai seorang siswa teladan, kamu harus selalu tampil rapi jangan berantakan begitu!
b.      Penampilan kamu ketika menjadi pembawa acara sangat buruk, jangan diulangi lagi!
c.       Bukannya saya cerewet, tetapi memang kamu tidak pantas menjadi tokoh Yuliet.
d.      Penampilanmu pada pentas drama tadi kurang bagus, tetapi saya yakin kamu bisa maju.
e.       Jangan pernah kamu berharap bisa menjadi juara kalau latihan saja malas.
9.      Bcalah paragraf berikut dengan saksam
   
      “Pak, kami sangat resah karena kali di belakang rumah sangat dangkal. Hitam, dan berbau. Kami minta kali itudikeruk sampahnya,” kata mariana, warga bantaran Kali Ciliwung di Koja Jakarta Utara, kepada Menteri Negara Lingkungan hidup, Rachmat Witoelar.

Pokok masalah paragraf diatas adalah ...
a.       Hidup di Jakarta serba susah dan sangat menjengkelkan.
b.      Keluhan warga bantaran Kali Ciliwung  kepada Menteri Lingkungan Hidup.
c.       Mariana mengadu kepada Rachmat Witoelar karena rumahnya banjir
d.      Mariana resah karena rumahnya berada dibantaran Kali Ciliwung
e.       Keluhan Mariana tentang kali Ciliwung kepada Rachmat Witular
10.  Kalimat tanggapan yang tepat adalah ...
a.       Besok pagi, ayah akan berangkat ke Surabaya naik pesawat Garuda
b.      Adikku sedang mengerjakan PR Bahasa Indonesia dengan tekun
c.       Seharusnya, polisi tidak bertindak brutal terhadap demonstran
d.      Gempa berkekuatan besar telah memporakporandakan Yogyakarta
e.       Akibat lemparan batu, anak kecil itu mendapat luka serius di kepalanya
11.  Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

        Panggung menggambarkan sebuah ruang yang luas, tidak ada perlengkapan apa-apa. Kekosongan ruang itu menampilkan suatu situasi : ngannga yang menentang, nganga yang mencemooh, bahkan nganga yang menuntut suatu nilai yang bakal di berikan oleh para pemain nantinya.

Paragraf di atas merupakan bagian dari ...
a.       Prolog
b.      Monolog
c.       Dialog
d.      Petunjuk pemain
e.       Tema
12.  Pihak yang berhak untuk menentukan bagaimana wajah/bentuk panggung adalah  ...
a.       Pemain
b.      Produser
c.       Penonton
d.      Sutradara
e.       Penulis naskah
Kutipan dramaberikut untuk soal nomor 13-16 bacalah dengan saksama!

Hakim    : Silahkan duduk.
Tamu 1  : Tidak usah repot-repot
Pelayan  : Wah, takut jasnya lecet.
Tamu 1 : ini sesuai dengan misiku yang bersifat resmi dan serius. Atas nama seratus ribu orang pembaca sinar senja. Dengarkan aku Pak.
Hakim  : sudah tentu,  memang kewajibanku,
Tamu 1 : dan kewajibanku, menyampaikan demikian rupa tepatnya sehingga ia mampu  
               mendesak yang menurut ukuran normal sudah tidak mungkin diubah.
Hakim  : walaupun kau belum mengetahui isi keputusan itu?

                                                                                       (dikutip dari drama DOR putu wijaya)
13.  Berdasarkan kutipan drama diatas, watak tokoh Tamu 1 adalah ...
a.       Pemalu
b.      Pendiam
c.       Lugas
d.      Pemarah
e.       Pengecut
14.  Isi kutipan drama diatas adalah ...
a.       Pertengkaran antara Pelayan dengan tamunya Hakim
b.      Pertengkaran antara Pelayan dengan Pak Hakim
c.       Pertengkaran antara Hakim dengan tamu-tamunya
d.      Usaha tamu 1 menemui Hakim untuk mengadili seseorang
e.       Usaha Tamu 1 menemui Hakim untuk membicarakan putusan
15.  Berdasarkan dialog kutipan drama diatas adalah ...
a.       Pelajar
b.      Dosen
c.       Redaktur koran
d.      Pejabat
e.       Polisi
16.  Tema drama diatas adalah tentang ...
a.       Kejahatan
b.      Keadilan
c.       Hukum
d.      Peradilan
e.       Putusan
Kutipan drama berikut untuk soal nomor 17 dan 18. Bacalah dengan saksama!
Kakak : bagaimana ayah?
Ayah   : terlalu parah
ibu       : sudahlah, kita bicarakan besok saja, sekarang sudah larut, kita istirahat, supaya
              pikiran jernih (Ibu berkata dengan nada lembut. Ayah berjalan kembali kesamping
              ibu, membereskan mapnya dan bersama ibu masuk kekamar)
adik    : aku tidak pernah membayangkan ini terjadi. Gila! Dalam seminggu runtuh!
             apa yang salah? (adik menunjukan tangan ke bantal sofa, matanya berkaca-kaca)
Kakak : sudahlah, kita tidur dulu. Benar kata ibu, kita harus beristirahat supaya pikiran jernih
adik     : kakak bisa istirahat? Diluar sana, seratus keluarga mengharapkan pertolongan kita.
              ini bukan masalah kita, semata, kak! (kakak tidak berkomentar, wajahnya menunju
             kan bahwa ia menyesal dan mengerti perasaan adiknya)
kakak : ini awal yang berat, tahun 3006 yang berat
17.  Unsur drama yang paling menonjol adalah ...
a.       Tema
b.      Latar
c.       Konflik
d.      Amanat
e.       Penokohan
18.  Watak tokoh Kakak adalah ...
a.       Pemarah
b.      Penyabar
c.       Keras kepala
d.      Pemalu
e.       Emosional
19.  Watak tokoh Ibu adalah ...
a.       Pemarah
b.      Penyabar
c.       Keras kepala
d.      Pemalu
e.       Emosional
20.  Konflik yang terjadi dalam cuplikan drama tersebut adalah tentang ...
a.       Permasalhan keluarga
b.      Permasalahan perusahaan
c.       Permasalahan sekolah
d.      Permasalahan pribadi antar sekolah
e.       Permasalahan pekrjaan

B.     Lakukan kegiatan berikut sesuai dengan perintah!

1.      Hadirilah sebuah acara seminar atau diskusi. Saat diadakan sesi tanya-jawab, cobalah untuk bertanya atau memberikan komentar terhadap apa yang telah disanmpaikan oleh pembicara!
2.      Carilah sebuah laporan penelitin yang dilakukan oleh orang lain. Pahamilah hasil laporan  penelitian itu dengan saksama. Lau, persentasikanlah hasil laporan penelitian tersebut didepan kelas secara runtut! Teman-teman akan menanggapi cara anda mempersentasikan laporan penelitian tersebut!
3.      Bacalah satu naskah drama, kemudian kerjakanlah hal0hal berikut.
a.       Tentukan siapa saja tokohnya dan bagaimana wataknya!
b.      Jelaskan konflik yang terjadi di dalam drama tersebut!
c.       Tentukan latar ceritanya!
d.      Tentukan tema ceritanya!
4.      Tontonlah sebuah pertunjukan drama, kemudian kerjakan hal-hal berikut.
a.       Jelaskan bagaimana watak tokoh-tokohnya!
b.      Diantara tokoh tersebut, manakah yang paling  kalian sukai? Jelaskan !   

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
Blogger Template by Clairvo